Berita

SISTEM LAPORAN CEPAT (SLC)

Seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, kebutuhan data yang bermutu, dan informasi yang cepat sudah menjadi kebutuhan baik publik maupun institusi. untuk mewujudkan kebutuhan data dibidang kesehatan Departemen Kesehatan RI bekerja sama dengan WHO telah mengembangkan model sistem laporan cepat menggunakan fasilitas SMS pada telepon seluler.

Sistem Laporan Cepat ini dikembangkan untuk pengumpulan data hasil deteksi dini, seperti data Gizi, kematian ibu, dan penyakit utama,serta data sewaktu yaitu data yang harus segera dilaporkan pada saat terjadi wabah,KLB, atau bencana, selain itu juga akan dikumpulkan data desa siaga khususnya untuk regrestrasi Poskesdes. Model ini akan di uji cobakan di 13 kabupaten/ Kota prop Jateng dan DIY. Dan apabila dalam hasil evaluasinya dipandang berhasil sistem ini dapat dikembangkan ke seluruh Indonesia. Model ini dikembangkan berdasarkan dari pengalaman Depkes yang bekerja sama dengan Dinkes kab. Purworejo saat melakukan monitoring pelayanan kesehatan pos kesehan keliling pada saat terjadi gempa di Jateng dan DIY pada pertengahan tahun 2006. Sehingga untuk software dikerjakan oleh Dinkes Kab. Purworejo.

Di Kabupaten Purworejo sendiri sistem pelaporan menggunakan SMS telah dikembangkan untuk pelaporan hasil kegiatan di luar gedung, KLB, serta Bencana dengan cara  Petugas Puskesmas/PUSTU/Poskesdes cukup mengirimkan SMS dengan kode tertentu sehingga SMS yang diterima Server di dinas kesehatan kab. Purworejo dapat di konfersikan kedalam tabel tertentu.

Tags: ,

No comments yet.

Add your response